The Lovable Lady Formula dan The Alpha Girl’s Guide (Review Buku) Buku tentang Perempuan

Hai teman-teman. Postingan kali ini tu spesial banget karena untuk pertama kalinya aku akan membahas tentang buku. Buku apa? Buku ini tuh berisikan tentang gimana cara menjadi perempuan yang bahagia, smart,confident,  independen dan dicintai oleh orang sekitarnya. So, kalau kamu penasaran tentang buku-buku ini. Lanjut yah bacanya. Hehehe.

 


Jadi, dua buku ini adalah buku yang merubah aku sedikit-demi sedikit. Merubah aku menjadi wani yang lebih baik. Dari segi pemikiran, body laguange, kepercayaan diri, lebih menghargai diri sendiri, lebih berdamai dengan masa lalu, lebih membuat aku punya mimpi sehingga aku lebih banyak mau belajar lagi, dan membuat aku lebih mengenal diriku. Jadi, lebih tau tentang apa yang aku ingin. Bahkan tentang pandangan patner hidup pun berubah.

 

Yah, walaupun dari segi marketing ini beda banget sih. Buku The Lovable Lady Formula ini diarahkan tentang perempuan dewasa yang ingin dicintai dan diidamkan pria seumur hidupnya, intinya tentang cinta-cintaan sedangkan kalau buku The Alpha Girl’s Guide ini lebih diperuntukan kepada perempuan muda atau remaja, cewek-cewek abg yang ingin menjadi perempuan yang smart, independen dan anti galau.

 

Aku akan bahas satu-satu supaya aku nggak pusing. Oke? Setuju nggak setuju harus setuju. Hahaha.

 


The Lovable Lady Formula. Buku pertama yang aku beli, yang membuat aku membaca belasan buku lainnya. Jadi, isi buku ini mengarahkan perempuan menjadi versi terbaik dirinya sendiri. Just be yourself itu salah menurut mereka (penulis). Yang benar adalah just be the best yourself. Yang dimana maksudnya kamu harus selalu mengembangkan dirimu menjadi yang terbaik entah itu penampilan, bahasa tubuh, wawasan, dan pemikiran. Sehingga kita bisa bertemu dengan pria terbaik juga.

 

Disini juga dibahas bagaimana kita mencintai diri kita. Cantik buka hanya semata-mata tentang pandangan penampilan kita di orang lain tapi juga bagaimana kita menyukai diri kita saat kita bercerimin.

 


“kecantikan bukan soal membuat orang lain jatuh cinta kepada anda, kecantikan adalah tentang membuat anda jatuh cinta kepada diri anda sendiri. Beauty is about you.”

 

Salah satu kutipan dari buku yang aku suka. Yang intinya kita harus mencintai diri kita sendiri sebelum mencintai diri orang lain.

 

Yang bikin aku sangat tertarik sama buku ini adalah dia juga membahas prinsip/ slogan yang sama yang diterapkan dengan aja kecantikan terbesar di dunia, Miss Universe yaitu Brain, Beauty, and Behavior. Cuma beda diurutan aja kalau di Miss universe itu Brain dulu baru Beauty terus terakhir Behavior kalau di buku ini ada agak berbeda urutannya. Yaitu Beauty dulu, terus Behavior terus yang terakhir Brain kenapa? Karena penulis berharap kita bisa menjadi The Lovable Lady yang dapat memikat dengan Beauty kita dan mengikat orang sekitar kita dengan inner beauty kita yang mana itu adalah Behavior dan Brain yang baik.

 

Diberikan contoh kasus di kehidupan sehari-hari.

Pembahasan di buku ini cukup logic dan  juga diberikan contoh kasus sehari-hari sehingga kita lebih mudah paham dengan apa yang dimaksudkan  oleh penulis. Dibuku ini juga diselipan gambar-gambar sehigga kita tidak bosan membacanya.

 

Diberikan ilustrasi juga agar lebih menarik.

Dibuku ini juga penulis merombak pemikiran perempuan yang kuno menjadi lebih modern.  Contoh pemikiran perempuan kuno itu adalah. Misalnya cewek itu nggak boleh ngedekatin cowok. Menurut penulis itu kurang benar. Boleh mendekati lawan jenis duluan. Tapi nggak boleh dengan cara yang barbar. Disini tuh kita diajar gimana cara ngedekatin cowok dengan cara yang anggun tanpa menjatuhkan harga diri kita sebagai perempuan.

 

Bukan cuma itu aja, dibuku ini kita juga diajarkan bagaimana cara mengespresikan diri, bagaimana cara kita untuk mengungkapkan apa yang kita mau, memahami laki-laki yang dimana cara berpikirnya beda banget sama perempuan, dan disini juga diberikan fakta-fakta yang sedikit agak bikin nyesek.

 

Misal saja. Ternyata kalau cinta saja tidak akan membuat pasangan kita menjadi setia.  Orang yang bucin adalah orang yang dikendalikan bukan mengendalikan dalam hubungan. Kita tidak bisa merubah pasangan kita sekeras apapun kita berusaha.

 

Kita tidak bisa beranggapan gini, “nanti dia akan berubah kok”.  Yah, kalau dia dari awal kasar yah pasti kita akan terus dikasari sama meraka. Kecuali ada suatu peristiewa yang membuat dia terhentak. Yah mungkin bisa... Tapi itu kecil kemungkinan. Kamu bisa sih bertahan dengan orang yang toxic seperti itu asalkan kamu udah siap di kasari seumur hidupmu sama pasangan kamu, nggak papah sih kalau kamu siap. Silahkan bertahan.

 

Sebenarnya banyak banget isi buku ini yang pengen aku ceritain. Tapi masih ada satu buku lagi nih. Kalau kamu penasara aku saranin kamu beli bukunya entah itu buku fisik seperti yang aku punya atau kamu malas bawa buku fisik kemana-kemana kamu bisa baca ebooknya aja.

 


Nah, di buku The Alpha Girl’s Guide menurutku bahasanya lebih dekat dengan pembaca dan lebih gaul serta juga diberi gambar animasi yang lucu-lucu, sehingga aku nih betul-betul lebih tidak sabar untuk membaca chapter selanjutnya.

 

Ada satu pertanyaan di akun twitter penulis (dikirimkan oleh followers-nya) dan jawabannya dituangkan dibuku ini,  untuk pembaca agar merenung. Dan ini salah satu yang akhirnya membuat aku, dari Cuma membaca beberapa halaman ebooknya menjadi beli buku full fisiknya.

 


“Cewek itu harus berpendidikan tinggi nggak, sih?” Ujung-ujungnya di dapur juga. Kasih alasan kuat dong, kenapa cewek harus berpendidikan tinggi?”

 

Mau tau jawaban penulis apa?

Karena sesudah menikah 10 tahun dan suami lo memutuskan untuk :

  • Punya simpanan perempuan yang 20 tahun lebih muda, atau
  • Pergi nikah lagi dan lo dimadu, atau
  • Menceraikan lo untuk nikah lagi, maka

Dengan berpendidikan tinggi, lo masih bisa mandiri dan nggak pasrah menangisi memohon dia mengasihani lo dan tetap menafkahi lo. Malah, lo bisa menenda dia dari hidup lo.

Perempuan berpendidikan tinggi punya kemampuan mandiri sebagai back plan.

 


Mantapeee kan. Karena pertanyaan serta jawaban ini juga akhirnya aku selalu berusaha untuk belajar dan belajar. Harapan aku sih, buat diriku sendiri adalah aku bisa lanjut S2. Yah walaupun pastinya kapan akan aku laksanakan tidak tau. Tapi suatu saat aku harus S2.

 

Dibuku ini juga kita diarahkan menjadi seorang teman yang fair. Maksudnya gimana? Mauksudnya kita harus menjadi teman yang tidak manipulatif alias cari keuntungan terhadap orang lain, maupun dimanipulatif. Soalnya banyak yah kan sekarang, kalau susah aja nyari kita kalau lagi senang aja kita nggak dianggap temen. Ada tuh yang begituan. Serius dah. Pertemanan itu harus tulus.

 

Tidak membicarakan orang lain alias no gosip-gosip club dan tidak membully apalagi jadi bahan bully-an. Itu lebih NOOO. Kita harus mencari teman yang bisa membuat kita berada di dalam lingkaran atau daerah yang positif. Di daerah dimana  kita bisa saling mendukung satu sama lain. Bukannya untuk saling menjatuhkan.

 

Sedangkan untuk percintaan, Dibuku ini juga di jelaskan kalau seorang alpha girl itu menjalin hubungan karena merasa bertemu dengan orang yang tepat bukan demi status. Nah, kesamaan dalam mendekatkan diri dengan lawan jenis juga dibahas di buku ini. Intinya sama, boleh mendekatkan diri tapi tidak boleh agresif. Dibahas juga kalau dua belah pihak harus sama-sama berusaha. Kalau hanya sebelah pihak aja tidak akan terjadi keseimbangan dalam sebuah hubungan.

 

Dibuku ini juga dibahas tentang pasangan yang kasar. Sama halnya dengan buku pertama yang aku bahas tadi. Terus masih banyak lagi kesama dalam hal tentang menyikapi percintaan bagamana kita saat ada orang ketiga atau malahan kita yang jadi orang ketiga. Saat patah hati dan saat kita move on. Semua dibahas di buku ini.

 

Terus selain tentang pendidikan dan percintaan. Buku ini juga membahas bagaimana seorang alpha girl harus bersikap di kantor, tentang cara berpenampilan , dan bagaimana seorang alpha girl membawa dampak positif terhadap orang lain.

 

Banyak yang pengen aku bahas sama kalian tentang buku ini. Tapi sepertinya tulisan ini udah panjang banget. So, kalau kamu penasaram sama buku ini aku akan kasih link pembelian buku fisik dan ebooknya yah.

 

Jujur yah. Saat ini aku pengen lagi baca buku-buku ini supaya aku bisa merefresh ulang apa yang sudah kubaca setahun kemarin. Kalau, kalian jadi aku kalian pengen baca buku yang mana dulu? The Lovable Lady Formula kah atau The Alpha Girl’s Guide ini? Komentae dibawa yah.

 

Sekian review aku tentang kedua buku ini. See you. Have a good day.

 Nonton juga videonya disini



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.