Makanan yang Penyebab Jerawat


Banyak yang nggak tau sebenarnya salah salah penyebab berjerawat di kulit acne prone dan sensitif adalah berasal dari apa yang kita makan. Serius? Of course. Sebagian orang selalu menyalahkan skincare yang mereka gunakan padahal mungkin saja itu bermula dari pola hidup yang tidak sehat, kebiasaan buruk, dan makan makanan yang kurang sehat.


Ada berbagai macam makanan yang kita konsumsi tiap hari tetapi ada beberapa yang mungkin tidak bisa ditolerasi oleh tubuh kita dan organ tubuh yang akan “protes” salah satunya adalah kulit. Bentuk protes kulit yang biasa terjadi mulai dari kemerahan, gatal, kering, kusam dan berjerawat. Nah, kali ini saya akan membahas tentang penyebab jerawatan yang berasal dari makanan. Makanan-makanan yang patut kamu hindari adalah

Makanan yang berminyak dan berlemak
Makanan yang berminyak dan berlemak adalah salah satu makanan terfavorit orang Indonesia tapi tahukah kamu kalau sesungguhnya makanan tersebut bisa mempengaruh produksi minyak di wajah. Mungkin ini tidak akan terlalu berdampak bagi pemilik kulit kering tetapi bagi pemilik kulit berminyak hal ini akan menjadi masalah berat karena meningkatnya produk minyak di wajah itu akan menjadi rumah yang sangat nyaman bagi bakteri jerawat yang kalau berkembang biak akan menjadi jerawat.  Salah satu cara yang bisa mengurangi minyak di wajah adalah dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang berminyak, memang akan sulit pada awalnya tapi demi kulit yang bebas jerawat? Why not? Meminum teh hijau hangat (tanpa gula) atau jus jeruk atau lemon jus adalah cara untuk menetralisir minyak yang ada di dalam tubuh. Karena asam yang terkandung di dalam teh hijau dan jus jeruk bisa meleburkan minyak sehingga dapat dicerna lebih baik oleh tubuh. Walaupun teh bisa menjadi solusinya tapi mengurangi makanan yang berminyak lebih baik menurut saya.

Gula
Tahukah kamu kalau gula berlebihan itu bisa membuat kulit berjerawat dan lebih mudah meradang. Makanan-makanan yang mengandung gula atau glukosa yang biasa kita tidak sangka adalah cake, minuman kemasan, kripik kentang, makanan yang beminyak, roti, mie, makanan tepung serta manis lainnya, buah yang terlalu matang (mangga dan durian) bahkan makanan yang tiga kali sehari kita konsumsi sehari-hari yaitu nasi. Makanya makanan – makanan tersebut adalah makanan yang terlarang bagi penderita diabetes dan diharapkan untuk tidak mengkonsumsinya karena makanan tersebut sangat tinggi kadar glukosanya bagi mereka. Jadi, bayangkan saja, kita (manusia normal yang nggak menderita diabetes) mengkonsumsi semuanya dalam satu hari berarti glukosa yang sudah diserap oleh tubuh sudah “over limit” dan glukosa yang berlebihan tersebut akan direspon oleh organ tubuh dengan berbagai cara salah satunya yaitu jerawat. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa makanan yang tinggi gula bisa membuat kelenjar sebasea jadi lebih aktif dan menghasilkan lebih banyak minyak yang kemudian menyumbat pori-pori. Ini tidak hanya berlaku untuk kulit berminyak akan tetapi bagi pemilik kulit kering (terlebih untuk acne prone).

Produk dairy
Di Indonesia produk olahan susu udah menjadi salah satu makanan atau minuman favorit keluarga. Bahkan produk olahan susu dijaman sekarang sudah banyak rasa, jenisnya serta bentuknya. Tapi bagi pemilik kulit berjerawat minuman ini salah satu “racun” yang bisa membuat kamu jerawatan. Jadi, produk susu yang berasal dari hewani adalah susu yang  berasal dari tubuh hewan yang sudah melahirkan. Hewan yang sudah melahirkan tersebut memiliki horman yang sedang tidak stabil. Jadi, bayangkan saja kita mengkonsumsi produk susu hewani yang mengandung hormon yang tidak seimbang otomatis hormon di dalam tubuh kita akan menjadi tidak stabil juga. Ketika hormon tidak stabil jerawat akan muncul di bagian dagu dan pipi bagian rahang seperti halnya jerawat saat sedang atau akan pms (Fyi, disaat kita sedang atau akan pms hormon di tubuh kita sedang tidak stabil). Tetapi tidak semua orang bisa merasakan hal yang sama itu semua tergantung tubuh kita bisa atau tidak mentorelansi atau mencerna produk olahan susu tersebut.

Kafein
Terlalu banyak mengkonsumsi teh hitam atau kopi bisa membuat kulit kita dehidrasi dan berjerawat karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dan teh hitam membuat organ tubuh lebih susah mempertahankan air  di dalam tubuh sehingga air yang kita minum banyak tidak terserap oleh organ dan langsung dikeluarkan begitu saja melalui urin. Normalnya manusia membutuhkan 2 liter air sehari untuk terhindar dari dehidrasi. Atau bagi manusia yang mempunyai banyak aktifitas fisik (misalnya olahragawan serta ibu menyusui), aktifitas di luar (pekerja lapangan), dan kondisi tertentu (minum obat-obatan anjuran dokter) lebih memerlukan minuman air putih yang lebih banyak tentunya. Jadi, kalau mengkonsumsi kopi atau teh hitam, pastikan kamu meminum air putih yang lebih banyak agar bisa terhindar dari dehidrasi dan kekeringan.

Makanan pedas
Banyak yang tidak percaya kalau makanan pedas itu bisa menimbulkan jerawat. Jadi, cabai atau bahan utama makanan pedas bisa membuat sirkulasi darah meningkat yang mengakibatkan tubuh lebih cepat berkeringat. Nah, keringat bercampur dengan debu di wajah akan menjadi sarang yang empuk bagi bakteri di wajah. Di saat kita berkeringat pori-pori juga akan terbuka dengan lebar hal itu membuat kotoran bisa masuk dan menyumbat pori-pori. Kamu bisa sangat membedakan orang yang berjerawat yang sering makan makanan pedas dan tidak sering makan makanan pedas dengan cara melihat wajah serta jerawatnya. Orang yang sering mengkonsumsi makanaan pedas jerawatnya akan sangat merah yang diakibatkan oleh sifat panas dari cabai yang telah dikonsumsi. Sedangkan jerawat bagi orang yang tidak mengkonsumsi makanan pedas nggak akan semerah itu.

Mungkin ada sebagian dari kalian bertanya kenapa kacang-kacangan nggak termasuk makanan yang menyebabkan atau memperparah kulit berjerawat. Karena sebenarnya kacang bisa menjadi penyebab jerawatan apabila dimasak dengan cara yang salah. Misalnya saja digoreng dengan minyak. Kalau digoreng dengan minyak penjelasan saya sama saja dengan point pertama.

Jadi, kalian udah tahu kan makanan apa yang bisa menyebabkan dan memperparah jerawat. Sebenarnya makanan tersebut tidak dilarang untuk dikonsumsi tapi lebih tetapnya dibatasi. Karena sesungguhnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Semoga kamu cepat sembuh yah.

Thanks for reading and I hope you have a great day.

8 komentar:

  1. Thanx for sharing, dear.
    Jerawat emang ngeganggu banget, jadi risih rasanya kalo berjerawat ya.. Tapi kadang gak sadar kita tetap aja makan yang jadi pemicunya, hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kk... saya juga dulu nggak sadar... segalanya dimakan... ^_^

      Hapus
  2. Ohh saya baru tahunklo ternyata makanan pedas bisa menimbulkan jerawat di wajah. Padahal senangkumi sm makanan pedas

    BalasHapus
  3. Bermanfaat banget deh say infonya. Akhirnya aku tau kau makanan pedas dapat menimbulkan jerawat

    BalasHapus
  4. Harus hati-hati menjaga pola makan ya kalau mau tampil cantik --> bebas jerawat. Karena cantik juga identik dengan sehat

    BalasHapus
  5. Gorengan sama makanan pedas itu favorit saya banget. Memang kadang kalau khilaf makannya tau-tau jerawat sudah nongkrong dengan santainya di muka. Tapi untungnya nda pernah parah sih.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah kulit wajahku tergolong aman padahal saya penyuka kopi. Tapi ada keluhanku sekarang, apa itu?

    Kerutan di sana-sini. Ah itu faktor U barangkali di?

    BalasHapus
  7. Pedas!! noted. saya mi itu, tau kalau berlebihan mi pedasku sebent munculmi itu.. hihi. dan betul...hahaha

    tapi memang menjaga makanan bukan untuk jerawat aja sih, tubuh keseluruhanpun yahh.. karena jerawat bukan cuman dimuka muncul hihihi

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.