Mangkawani's Skin Care Routine 2018


Setiap saya melempar suatu topik tentang perskincarean di Instagram stories saya pasti ada aja yang  bertanya “kakak pakai x bagus nggak?” atau “kulit ku juga oily pakai ini bisa menghilangkan jerawat kan yah?” atau “skincare kamu juga cocok di saya nggak yah?”. Jawabannya “Saya nggak tau. Coba aja dulu :). Because semua produk skincare yang dijual bebas dan memiliki izin edar sebenarnya bagus kok karena sudah mengalami pengujian yang tepat oleh ahlinya. Kalau berbahaya produk itu nggak akan lulus edar beb. Yang jadi masalahnya kulit kamu cocok apa nggak. Karena, walaupun kamu punya skin type yang sama atau pun masalah kulit yang sama dengan saya bisa aja kamu nggak cocok dengan skin care routine yang di gunakan sama saya atau pun orang lain. Karena pola hidup, alergi, makanan, faktor lingkungan dan tingkat skin barrier seseorang kan beda-beda dan sangat mempengaruhi”. Dan walaupun saya sudah menjelaskan panjang kali lebar macam rumus luas persegi di pelajaran matematika, tetap ada yang penasaran pengen tau my skin care routine. Yah, udah semoga pas kamu baca tulisan ini kamu tak syok yah. Secara produk yang saya pakai banyak dan berlapis lapis macam lapisan wafer tango (saya jadi pengen makan wafer tango coklat). Hahaha.


Jadi, my skin care routine terinspirasi oleh skin care routine cewek Korea yang sampai sepuluh step itu. I know sekarang mungkin nggak terlalu populer lagi atau mungkin sudah bukan masanya. Tapi, gimana dong ini ngefek di saya (ingat yah, ngefek di saya belum tentu ngefek di kamu. Karena kita semua unik nggak ada yang betul-betul sama, bahkan anak kembar pun sidik jari mereka beda. Apalagi saya dan kamu yang beda bapak ibu. Hehehe.). Tenang saya nggak betul-betul pakai sepuluh produk tiap pagi atau malam, yah minimal lima produklah. Oh, iya siapa tau aja ada yang baru mampir di blog ini, my skin type is combination (oily-normal, tapi kadang-kandang oily semua tergantung cuaca), sensitif, acneprone, dan gampang dehidrasi. “Unik” dan agak rewel banget kalau salah skin care dan tak lupa pula saya mengidap eksim. So, rem to the pong. REMPONG.

Baca juga : My Acne Story


My Morning Skin Care Routine
Hada Labo Gokujyun Facial Foam
Facial foam ini nggak ada efek mencerahkan ataupun membuat jerawat hilang. No, ini cuma facial foam biasa aja yang tidak membuat kulit terasa ketarik atau pun keset setelah dibersihkan. Tapi, setidaknya ini nggak membuat kulit saya berefek kering ataupun negatif.

-Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion for dry skin.
Ingat saya mengklaim kulit saya “unik” diatas? Yah, salah satunya karena produk ini. Saya cocok dengan toner yang diklaim untuk skin type dry skin, padahal kulit saya oily. Hahaha. Toner ini bahkan saya gunakan saat kulit saya sedang parah-parahnya. Mungkin karena kandungan utamanya yaitu Hyaluronic Acid yang cocok untuk segala jenis kulit. Sebenarnya line Hadalabo Gokujyun juga mengeluarkan toner untuk skin type oily, but mengandung alkohol yang kurang cocok dengan kulit saya yang gampang dehidrasi. Aneh bukan? Saya aja heran.

Benton Snail Bee Essence (kadang pakai-kadang nggak, tapi lebih serin pakai sih. Hahaha)
Nah, ini seperti pre-serum gitu. Soalnya teksturnya seperti air. Sudah saya review disini. Kandungan utamanya adalah lendir siput yang berfungsi sebagai mengembalikan atau memperbaiki sel kulit yang rusak serta mengadung niacinamide yang bisa mencerahkan dan mencegah jerawat.

Benton Snail Bee Lotion.
Masih  di line yang sama dengan pre-serum saya atau produk sebelumnya, tapi ini adalah lotion atau pelembab yang lebih ringan untuk kulit oily. Sebenarnya line Benton ini juga menyediakan cream atau pelembab yang lebih thick tapi saya rasa lotion ini sudah cukup sekali.

Loreal Revitalift Eye
Saya tak bisa banyak berkomentar sama produk ini soalnya saya baru menggunakannya seminggu. Dan saya saya rasa hanya melembabkan di daerah kulit mata saya yang kering. Selebihnya belum tau. Namanya juga baru seminggu. Apalagi ini daerah kulit mata. Paling cepat si enam bulan lagi saya akan mereview produk ini. Hahaha.

Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 PA++ dan Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++
Tenang buibu, saya menggunakannya nggak bersamaan, saya takut sama sinar matahari tapi tetap masih waras kok. Hahaha. Jadi, saya pakainya gantian tergantung kondisi kulit dan kemana aja saya hari itu. Kalau saya di rumah saja atau saya lagi jerawatan saya akan menggunakan Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 PA++. Tetapi kalau saya lagi keluar rumah dalam waktu yang lama atau merasa matahari lagi terik-teriknya saya akan menggunakan Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++, karena kalau saya keluar rumah dan terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama sepertinya saya perlu ekstra perlindungan. Taukan sama efek jahat dari sinar matahari? Kalau belum tau, mungkin kamu harus liat ini deh. Oke, kedua sunscreen ini kedua-duanya diperuntukan untuk skin type dry. Tapi, saya baik-baik saja nggak jerawatan juga kok. Pernah sih beberapa kali mencoba sunscreen yang diperuntukkan untuk skin type oily tetap ujung-ujungnya nggak cocok karena mengandung alkohol yang membuat kulit saya dehidrasi dan iritasi merah-merah nggak jelas.

Nah, setelah menggunakan skin care saya nggak langsung makeupan saya biasanya menunggu kandungan skin care saya menyerap sembari sarapan atau cek beberapa pesan di smartphone saya.


My Night Skin Care Routine
Kurang lebih hampir sama dengan morning skin care routine tapi lebih panjang lagi. Hahaha. Dimulai dari pembersihan dulu.

Pixy Eye dan Lip makeup Remover
Untuk makeup yang waterproof biasanya saya lebih menyukai pembersih terpisah. Karena saya juga mempunyai kulit bibir dan mata yang sensitif salah sedikit bisa iritasi dan bengkak remover ini mengandung natural honey yang berfungsi untuk melembabkan dan aman untuk kulit sensitif.

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil
Sudah pernah saya review disini.  Walaupun oil tapi ini sangat bagus untuk kulit acne prone, sensitif, bahkan ibu hamil. Karena rata-rata produk hadalabo tidak mengandung kandungan yang berbahaya, jadi itu salah satu kenapa saya suka sama produk hadalabo. Remover yang base-nya oil biasanya lebih mudah untuk membersihkan complexion macam foundation daripada yang water based.

Hada Labo Gokujyun Facial Foam

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion for dry skin.

- Benton Snail Bee Essence

- Wardah C-defence with Vitamin C
Saya sudah kenal serum ini lebih tiga tahun. Walaupun sudah coba serum lainnya yang digadang-gadang lebih bagus, ujung-ujungnya saya kembali lagi ke serum ini (point yang bisa dipetik adalah jangan selingkuh). Saya pernah mereview serum ini di sini. Mengandung vitamin C yang berfungsi untuk mencerahkan (ingat yah mencerahkan bukan memutihkan) dan memudarkan dark spot akibat jerawatan.

Benton Snail Bee Lotion.

- Loreal Revitalift Eye


My Weekly Skin Care Routine
Tenang guys my skin care routine nggak berhenti cuma di pagi atau pun malam hari. Ada juga ritual yang tidak setiap hari saya lakukan. Contohnya.

Exfoliation menggunakan Cosrx Original Pimple Pads.
Ritual ini saya gunakan hanya dua kali perminggu. Nggak boleh sering-sering karena bisa menyebabkan iritasi dan kulit dehidrasi.

- Maskeran.
Nah, kadang ritual ini saya gunakan hampir disetiap hari dengan produk yang berbeda tergantung kebutuhan. Kadang sheet mask, sleeping mask, clay mask, dan aleo vera gel dijadikan masker juga.

So, gimana pusing nggak? Me too. Hahaha. Kadang ada kalanya saya capek banget pengen satu kali step aja udah selesai bobo deh. Tapi, gimana dong. Kalau sekali-sekali aja nggak papah, habis pakai toner langsung sleeping mask aja nggak papah. Tapi, kalau keseringan ku takut masalah saya yang dulu balik lagi. Yah, walaupun agak menguras waktu dan isi dompet dibanding cream all in one, saya sudah sangat bersyukur dengan keadaan kulit saya saat ini yang “unik dan rempong”. Kalau ada yang berpikiran skin care bikin kecanduan. Jawabannya, of course yes. Sama halnya aja kamu punya six pack karena rajin olahraga. Nah, kamu tiba-tiba berhenti olahraga dan makan sembarangan lagi selama beberapa bulan otomatis perut buncit kamu bakal balik lagi dong. Sama halnya juga hubungan antara kulit dan skin care. Selain faktor dari luar faktor dari dalam pun juga sangat berpengaruh. Misalnya, saja olahraga, makanan, kebiasaan istirahat, asupan cairan dalam tubuh, dan pengolahan stress. Seperti contohnya, beberapa waktu lalu saya sedang dalam kondisi tidak bisa menghindari stress yang terjadi adalah dua bijijerawat segede biji jagung bertenger cantik di muka saya. Padahal saat itu skin care yang saya gunakan sama aja dengan sebelumnya. Hal itu membuktikan kalau faktor dari dalam juga sangat mempengaruhi loh.

Udah deh, kayaknya postingan saya ini sudah sangat panjang banget. Takutnya kamu bosan. Jadi, gimana menurut kamu skin care routine saya panjang nggak nih? Mau mengikutinya?

Thanks for reading and I hope you have a great day.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.