All About Retinol (Kandungan Dewa tapi menakutkan)

 


Jadi sesuai dengan janji aku minggu lalu di postingan yang ini. Hari ini aku akan membahas semua tentang retinol. Tanpa basah basi langsung aja yah. 



Apa itu Retinol?


Jadi, retinol adalah bagian dari retinoid. Retinoid adalah kandungan kimiawi vitamin A dan turunannya. Retinoid  sendiri terdiri dari beberapa jenis ada retinyl palmitate, retinaldehdhyde, Retinol, Retin-A atau Tretinoin dan tazarotene. Yang paling sering terdengar adalah yang jenis retinol dan tretinoin. Tretinoin sendiri hanya bisa didapatkan dengan resep dokter sedangkan retinol masih dijual bebas. Jadi, kamu jangan berani-berani pakai Tretinoin dengan ilmu coba-coba karena itu dapat memperburuk keadaan kulit kamu.




Fungsi utama Retinol


Fungsi utama dari Retinol itu ada dua yaitu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit kita lebih kenyal dan membantu pergantian sel di kulit kita lebih cepat prosesnya.




Efek Positif dan Negatif Retinol


Jadi retinol sendiri itu adalah kandungan yang susah-susah gampang karena kalau kamu cocok kamu akan menemukan kandungan yang dewa banget karena manfaatnya banyak banget.

1.       Kulit kamu akan sembuh dari jerawat

2.       Kulit kamu akan cerah

3.       Memudarkan bekas jerawat

4.       Glowing

5.       Pencegahan timbulnya kerutan

6.       Garis Kerutan memudar

7.       Memperbaiki tekstur

Tapi ketikan kulit kamu tidak cocok yang akan terjadi adalah

1.       Kulit kemerahan

2.       Kulit kering

3.       Kulit perih

4.       Kulit terkupas

5.       Bruntusan

6.       Bahkan jerawatan




Cara pengunaan Retinol : Do and Donts using Retinol


Kamu tuh perlu banget untuk tau apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan karena itu tadi retinol sedikit complicated.


1.       Umur kamu harus diatas 20 tahun atau paling bagus sekitar 25 tahun. Karena ketika kulit kamu masih muda kamu tidak perlu suatu kandungannya yang mempercepat proses regenerasi kulit beda dengan orang-orang yang 25 tahun keatas mereka perlu untuk dibantu proses regenerasinya dengan menggunakan produk yang mengandung retinoid.


2.       Tidak diperuntukan untuk ibu hamil dan menyusui. Bukan Cuma retinol  sih aha, bha, pha dan beberapa kandungan eksfoliasi lainnya juga tidak disarankan tapi. Alangkah lebih baiknya kamu konsul dulu ke dokter kandungan kamu apakah boleh apa tidak untuk menggunakan produk yang mengandung kandung tersebut.


3.       Basic skincare kamu harus benar. Toner, pelembab, dan sunscreen.


4.       Penggunaan retinol disarankan harus digunakan dimalam hari karena retinol akan membuat kulit kamu lebih sensitif terlebih pada sinar matahari.


5.       Harus dibarengi produk yang melembabkan kulit. Karena sifat retinol yang bisa membuat kulit kering dan dehidrasi


6.       Lalu keesokan paginya wajib mengunakan sunscreen. Seperti yang aku bilang tadi retinol membuat kulit kamu lebih sensitif sehingga kamu perlu tameng dalam menghindari sinar uva dan uvb. Itu mengapa tadi aku bilang basic skincare kamu harus benar.


7.       Disarankan Tidak boleh dibarengi produk aha, bha, pha, vitamin c atau produk yang mengandung kandungan ekfoliasi pada periode yang sama. Maksudnya disini tidak boleh pakai bersamaan. Boleh dipakai misalnya pakai retinol pada malam hari lalu siangnya misalnya pakai serum vitamin c. Itupun kalau kulit kamu kuat. Karena retinol membuat kulit kamu lebih sensitif apalagi kalau kamu baru memncoba produk retinol. Beda cerita misalnya didalam satu produk sudah ada retinol atau kandungan lainnya. Aku pribadi nggak menggunakan produk lain dengan kandungan eksfoliasi lainnya. Karena ditakutkan over eksfoliasi.


8.       Frekuensi pemakaian yang harus kamu coba terlebih dahulu. Supaya apa? Supaya kamu tau tingkat toleransi kulit kamu terhadap retinol. Apalagi kalau kamu pemula sebaiknya pakai dengan frekuensi 3 hari sekali dulu selama 2 minggu. Kalau kamu merasa cocok baru kamu naik frekeunsinya menjadi 2 hari sekali selama 1 bulan kalau kamu sudah cocok baru pakai tiap hari. Initinya perhatikan efek yang terjadi di kulit kamu. kamu nggak harus selalu mengikuti saran aku ini. Intinya perhatiakan frekuensi dan efek yang terjadi dikulit kamu.


9.       Stop sementara/selamanya jika pemakaian produk retinol menimbulkan efek negatif berlebihan atau terjadi terus menerus.


10.   Kamu harus sudah tau dan punya produk yang bisa menanggulangi efek negatif dari retinol. aku pribadi menyiapkan Hadalabo toner, Laneige sleeping mask, dan aloe vera gel intinya semua produk yang meghidrasi kulit. dan untuk kamu,kamu harus sudah tau produk apa yang cocok di kulit kamu. kalau produk tadi yang aku sebutin  adalah produk-produk yang emang sering aku pakai jadi bukan baru coba yah.




Apa yang harus dilakukan ketika terjadi efek negatif entah itu karena terasa kering, perih, tampak kemerahan, kulit terasa panas?


Jika kulit kamu terasa panas. Solusinya adalah jaga kelembabpan kulit kamu dengan menggunakan produk-produk yang mengandung hyluronic acid, ceramide, glycerin, dan panthenol. Atau kalau kamu nggak mau rempong kamu pakai hydrating toner berlapis-lapis, sheet mask atau sleeping mask.


Jika kulit kamu terasa perih. Kurangi atau hindari konsentrasi bahan aktif. Jangan pakai beberapa produk eksfoliasi lainnya secara bersama-sama.


Jika Kulit kamu tampak kemerahan. Hindari terkena cahaya matahari langsung dan jangan lupa pakai sunscreen serta jangan lupa re-apply lagi ketika kamu ahbis terkena air misalnya habis wujud.


Kulit terasa panas. Kurangi atau beri frekuensi pemakaiana baru. Misalnya yang jadinya setiap hari jadi dua hari sekali. Yang tadinya dua hari sekali jadi tiga hari sekali.


Sekian informasi ku mengenai retinol. Kalau misalnya dari penjelasan aku ada yang kurang kamu bisa menambahkan di kolom komentar. Sampai ketemu minggu depan bye.


Kalau kamu malas membaca kamu juga bisa nonton video aku disini.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.